Tuesday, December 1, 2015

Hal hal yang membuat piano second tetap bertahan dan cendrung naik harga nya

Berbicara mengenai Piano memang tidak ada habis nya...termasuk piano piano second..Waktu sudah membuktikan ketangguhan sebuah piano dapat bertahan beberapa generasi...banyak dijumpai usia piano yang cukup lama dan digunakan turun temurun..semisal saja sebuah piano dibeli tahun 1980..saat itu sang ayah membelikan buat anak nya yang kala itu berusia 10 tahun..waktu terus berjalan kini sang anak sudah berusia (2015) lebih kurang 35 tahun..tapi piano itu tetap bertahan hingga digunakan oleh anak nya...dan piano itu tetap terjaga dan dirawat dengan baik...
Itu baru ceritera dua generasi...masih banyak lagi piano yang berusia lebih tua lagi...
Mengapa piano bisa bertahan sekian lama...bahkan tak jarang piano makin tua makin mantab..?
Jawaban nya karena perawatan yang baik ...selain itu piano memiliki rentang masa pakai yang panjang...dan material piano yang berunsur alam,kuat dan tahan lama..
Khusus untuk piano second dengan merek tertentu memiliki nilai jual yang tinggi...karena piano adalah sebuah benda seni yang mengandung unsur estetika yang tinggi luar dalam..dan piano memiliki jiwa...warna..rasa..itu dari segi abstrak nya sedangkan segi real nya adalah ketersediaan suku cadang yang mudah didapat...brand image..layanan purna jual dan jaringan penunjang seperti sekolah musik dsb...brand terkenal ini akan selalu merilis keluaran baru yang harganya terus melambung...sehingga ikut menaikkan harga bekas nya...apalagi karena unsur yang digunakan dalam membuat piano adalah unsur alam yang kian hari semakin sulit di dapat dan harga yang cukup mahal membuat harga piano dari tahun ketahun terus naik...seperti telah dijelaskan piano seri LU101CPM lansiran 1989 saat itu di hargai sekitar 3-3,5jt rupiah...piano seri ini selevel dengan seri jx keluaran baru yang sekarang berada dikisaran 40-45jtan...sehingga saat ini harga pasaran seri LU101cpm keluaran tahun 1989 masih bisa bertahan dikisaran 16-18jtan...
hal lain yang turut menentukan adalah keadaan situasi politik dan ekonomi di indonesia yang cendrung berubah ubah..seperti diketahui ditahun 1992 nilai tukar rupiah dikisaran 1800-2000 an per 1 usd...tapi sekarang (2015) nilai nya menjadi dikisaran 13000-14000 per 1 usd...
sehingga bisa disimpulkan nilai jual piano akan mengikuti trend kenaikan harga...
karena nya jika kita memiliki piano maka rawatlah dan sayangilah...piano dapat menyimpan berjuta catatan sejarah kehidupan keluarga kita...perlakukan dengan baik...minimal tiap 6bulan sampai 1 tahun piano rutin di stem...berikan pengaman dari rayap/tikus...hindari banjir...jika piano dapat dijaga dengan baik pasti dia dapat bertahan mungkin hingga 5 generasi....jadikan piano sebagai investasi lahir bathin..selain nilai nya secara ekonomi juga dapat menjadi warisan berharga buat keluarga..

2 comments:

  1. Salam kenal Pak Sjofjan,

    tulisan-tulisan bapak sangat menginspirasi saya.
    saya baru satu taonan ini jual beli piano second dari singapore. kadang dapet bagus, kadang dapat yang parah hehehe...
    saya perbaiki sendiri piano-piano tersebut..pada saat waktu luang sehabis kerja di pabrik...dan kegiatan ini mengasyikan. sedikit-sedikit saya mulai tau ttg sejarah piano, pembuatnya daln lain.... (ilmu baru yang saya dapatkan setelah saya berumur 45 tahun).
    saya belajar memperbaikinya via, temen yang bisa stem piano, youtube, dan juga berdoa untuk dapat pencerahanNya...karena tidak banyak, bahkan tidak ada literatur tentang service piano di Indonesia...mohon ijin untuk share tulisan-tulisan bapak untuk memotifasi para orang tua untuk anak-anaknya...heheheh..

    saya sudah berhasil menjual beberapa piano selain di Batam, juga ke Pekanbaru, Medan, bahkan Jakarta. saya pasang iklan di OLX dengan inisial Pianocoustic.

    salam kenal dari Batam,

    Aji
    08117727725

    ReplyDelete
  2. Inspiratif...bt sy yg akan membelajarkan anak sy ..main piano..

    ReplyDelete