Thursday, September 10, 2015

Mengenal piano Asia..Eropa...Amerika serikat

Piano adalah instrumen musik terkemuka saat ini..di dunia ini terdapat banyak sekali jenis dan produsen piano baik sekala besar atau kecil...dapat diklasifikasikan menurut tempat pembuatannya
I. Piano yang diproduksi oleh produsen di Asia
Terdapat cukup banyak merek yang dihasilkan oleh negara di asia terutama Jepang,Korea,China,dan juga piano lokal (dengan merek sendiri atau jiplakan/kw)produksi Indonesia (bandung dan surabaya).
Untuk piano yang sudah terkenal seperti Yamaha,Kawai,Yung Chang,Nieer..piano2 ini memiliki kemiripan baik bentuk dan tingkatan2 nya seperti seri Lu Yamaha kawai juga buat seperti itu,begitupun youngchang,dsb...model juga demikian yang membedakan adalah brand image nya serta kualitas piano..biasanya di produksi secara masal..sehingga ketersediaan spare part memadai (terutama merek Yamaha dan Kawai)..itulah yang menyebabkan merek tersebut memiliki nilai jual yang lebih tinggi dari piano sejenis dari merek lain..Untuk piano lansiran China atau Taiwan kualitas nya ada yang baik namun banyak pula yang kurang baik..untuk merek2 eropa banyak pula yang join membuka pabrik di china...bahkan yamaha juga membuka produksi nya di china selain di Indonesia dan USA...untuk merek lansiran jepang mereka juga memproduksi merek lain...seperti yamaha juga mempruduksi merek Miki/eterna/kaisar...ataupun kawai yang juga mempruduksi diapason,pruthner..atau Toyo yang memiliki banyak merek..jepang juga membuat merek merek eropa tapi buatan jepang seperti eastein..fritz kuhla,dsb...untuk piano korea seperti youngchang/samick/daewoo/hyundai..memiliki jiplakan seperti yamaha(kemungkinan dahulunya mengambil tehnik pembuatan piano dari jepang)..piano china seperti pearlriver..nier..shinghai..hailun..ritmuller..strauss..dsb.
Untuk piano lokal buatan indonesia ada merek yamaha,kawai(mereka membuka pabrik yang cukup besar orientasi eksport..untuk yamaha sebagian besar type sudah dipruduksi di Indonesia..namun demikian adapula piano Indonesia dengan merek lokal/kw dari piano terkenal(umumnya piano Eropa) dahulunya sekitar tahun 70an terdapat banyak industri piano lokal di bandung/surabaya namun entah kenapa tidak berlanjut..sehingga banyak pula beredar piano buatan dalam negeri yang mengambil nama2 berbau eropa (kw nya)..seperti steinberg..steinmeyer..richardmeyer..dsb..untuk piano lokal merek catutan ini kwalitas kurang bagus..buatan masih kasar..bunyi juga tidak berapa enak..frame terkadang tidak ada logo nya...mekanik kurang presisi..jika rusak agak susah mencari part nya..sehingga harganya tidak tinggi...dalam keadaan baik harganya dikisaran 4 sd 8 jt an..
namun demikian segmen ini memiliki pasar sendiri.biasanya anak yang baru belajar piano atau orang baru punya piano.
II.Piano yang diproduksi oleh produsen Eropa
Untuk hal ini eropa adalah gudang nya piano..hampir diseluruh negara eropa memproduksi piano..dan mempunyai model2 yang berfariasi dan sentuhan seni yang kental...sebagian piano2 eropa dikerjakan dengan handmade terutama piano tahun 1800-1950 an..sebetulnya piano eropa (jika dapat yang masih ori dan terawat)sangat bagus dan sesuai dengan kebutuhan pemain/belajar piano..hanya saja karena pengerjaannya yang hand made dan sparepart yang kurang tersedia menyebabkan nilai piano eropa kurang begitu bagus (kecuali Petrof,steinway and sons)...piano eropa di indonesia  banyak yang berusia tua ditambah dengan perawatan yang kurang dari pemilik nya..menyebabkan keorisinilan piano sudah hilang mengakibatkan suara jadi tidak bagus..
negara penghasil piano eropa..Inggris(chalen,carlton)..jerman(august foster,steinwaynsons,ibach,steinbach,schimell,dsb)..belanda(rippen,haake),rusia(kaopka,baltika),perancis,ceko(petrof)
piano eropa umumnya memiliki ukuran yang berbeda2 dan sentuhan seni yang menonjol..begitupun pengecatan dan warna yang berfariasi.
III.Piano yang diproduksi oleh Amerika serikat
berbeda dengan piano asia dan eropa..piano amerika memiliki tampilan yang unik (agak pendek/spinet)dengan sentuhan country begitupun bentuk bodi dan kaki samping yang unik serta tutup dengan model geser..suara nya pun lebih garing...begitupun finishing cat yang dove..membuat orang yang melihat langsung tahu bahwa piano ini khas USA...adapun merk2 nya Baldwin..cable..kimball..lowrey..dsb..kecuali Steinway and sons,Yamaha,yang diproduksi di Usa.
untuk di indonesia piano made in USA ini bernasib sama seperti piano eropa

6 comments:

  1. Bisa nggak diposkan daftar semua merk piano dan asal negara pembuatnya, utk referensi kita jika se~waktu2 menemukan salah satu merk pasaran. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mengetahui daftar semua merk piano dan negara nya bisa di search di google ...ada banyak sekali merek2 piano..

      Delete
    2. Untuk mengetahui daftar semua merk piano dan negara nya bisa di search di google ...ada banyak sekali merek2 piano..

      Delete
  2. Bisa nggak diposkan daftar semua merk piano dan asal negara pembuatnya, utk referensi kita jika se~waktu2 menemukan salah satu merk pasaran. Terimakasih

    ReplyDelete
  3. Halo pak/ibu, mau tanya kalau piano Uelber itu keluaran produksi mana ya ?? Saya kebetulan ada kenalan yg jual piano itu.. Dan, mau tahu juga website resmi yg tahu dan paham mengenai piano selain punya bapak/ibu ??

    ReplyDelete
  4. Amazing infonya, lumayan lengkap. sy punya merk Fritz Kuhla, tapi skiernya tulisan China.

    ReplyDelete